hosting dan domainBanyak diantara kita yang menanyakan apakah itu Perbedaan hosting, domain, addon domain, subdomain, redirect, dan park domain .  Kebanyakan mahasiswa/i atau yang baru belajar bertanya perbedaan hosting dan domain.

biar tidak tambah penasaran langsung saja saya jabarkan masing-masing pengertian dan Perbedaan hosting, domain, addon domain, subdomain, redirect, dan park domain :

1. Hosting (Tempat Penyimpanan Data)
Hosting adalah  istilah layanan berbasis internet yang berupa tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi di tempat yang terpusat biasa disebut dengan server. Jenis hosting bermacam-macam, dari mulai Web Hosting, Email Hosting, FTP Hosting sampai VPN Hosting.

2. Domain (Nama Website)
Domain adalah sebuah nama yang digunakan sebagai nama website dan bersifat unik. Ingat, nama domain harus mudah diingat dan diketik. Untuk mempermudah, pilih penyedia layanan hosting yang menyertakan layanan pendaftaran nama domain.

Nama domain berekstensi atau berakhiran seperti .com .net .ac.id .web.id .biz .info dan lebih banyak lagi. Untuk domain dengan ekstensi seperti .biz .info dan .us lebih banyak tersedia dari pada nama domain dengan ekstensi  .com dan  .net karena  .com dan  .net telah lama beredar.

3. Addon domain
Addon domain adalah domain yang ditambahkan ke hosting domain utama dan diarahkan ke sub-direktori sebuah website hosting domain utama sehingga domain tersebut akan menampilkan isi web dari sub-direktori itu.

Addon domain digunakan apabila ingin menampilkan beberapa website dalam satu hosting. Dengan fitur ini Anda hanya perlu membeli nama domain lagi dan ditambahkan ke hosting Anda dan Anda akan mempunyai 2 website yang aktif dengan isi berbeda.

4. Subdomain
Subdomain adalah bagian dari domain utama atau bisa dikatakan subdomain adalah anak dari domain. Subdomain dapat dibuat sebebas mungkin tanpa perlu membeli lagi domain. Subdomain sering digunakan untuk membedakan fungsi atau bagian dari website.

Saya ambil contoh saja dari domain dari website tesbakat.com yang memiliki beberapa subdomain:

  • tiketpesawatmurah.tesbakat.com, blog adalah subdomain yang saya gunakan untuk sebagai web blog perusahaan.

5. Redirect
Redirects digunakan untuk membuat subdomain agar mengarah ke website/URL tertentu. Dengan cara ini kita dapat membuat halaman dengan URL yang panjang dapat diakses oleh halaman yang memiliki URL lebih pendek dan lebih mudah diingat seperti subdomain.

Untuk parked domain dan redirect, hampir sama pengertiannya akan tetapi yang membedakan adalah parked domain itu mengarahkan ke domain utama, sedangkan redirect akan membuat subdomain dan mengarahkan ke website/url tertentu. CMIIW.

Sudah fahamkan apakah itu hosting, domain, subdomain, addon domain, park domain dan redirect? Semoga bisa menambah khazanah pengetahuan kita bersama.

6. Parked domain
Parked domain adalah domain yang diparkirkan ke atas domain utama sehingga pada saat domain yang diparkingkan jika diakses akan menampilkan sama seperti web domain utama.

 

Iklan