1. Sudahkah Anda bangun pada sepertiga malam terakhir untuk melakukan shalat tahajud? Ingat, bahwa shalat tahajud merupakan jalan kemuliaan dan energi bagi iman.
  2. Sudahkah Anda bersungguh-sungguh melaksanakan dua rakaat fajar? Ingat, bahwa dua rakaat fajar lebih besar dari dunia dan seisinya.
  3. Sudahkah Anda menjawab azan hari ini? Ingat, bahwa menjawab azan adalah sunnah Rasululloh Saw dan sahabat-sahabatnya.
  4. Sudahkah Anda bersiwak hari ini setiap kali hendak wudhu, shalat, tidur dan bangun tidur?Ingat. Siwak adalah jalan keridhaan Alloh dan pembersih bagi mulut.
  5. Sudahkah Anda segera bangun menuju masjid ketika mendengar azan? Ingat bahwa Rasululloh Saw selalu menjaga shalat berjamaah di masjid di awal waktu.
  6. Apakah Anda merasa tenang dan khusyu’ dalam shalat? Ingat Alloh menegaskan bahwa khusyu’ dalam shalat adalah jalan ke surga.
  7. Berapa kali hari ini Anda terlambat shalat berjamaah? Ingat, Rasulullah Saw selalu menegakkan shalat berjamaah saat dalam perang sekalipun.
  8. Sudahkah Anda segera melakukan shalat setiap kali menghadapi masalah yang menengangkan atau menyedihkan? Ingat, shalat adalah jalan ketenangan jiwa yang paling tepat.
  9. Sudahkah Anda hari ini melaksanakan shalat dhuha? Ingat, bahwa setiap sendi kita menuntut sedekah setiap hari dengan membaca tasbih sebanyak 360 sendi. Dan pengganti itu semua adalah dua rakaat shalat dhuha.
  10. Sudahkah Anda menjaga shalat-shalat sunnah Rawatib? Ingat, bahwa siapa yang menjaga shalat sunnah rawatib setiap hari minimal dua belas rakaat, maka ia telah membangun rumah di surga.
  11. Sudahkah Anda selalu menjaga wudhu hari ini? Ingat, bahwa Bilal ra termasuk yang dijamin masuk surga karena di antaranya selalu menjaga wudhunya.
  12. Sudahkah Anda selalu membaca doa pagi dan sore? Ingat bahwa membaca doa-doa tersebut sangat besar pahalanya, dan hidup Anda akan menjadi berkah.
  13. Sudahkah Anda membaca tasbih hari ini seratus kali? Ingat bahwa Alloh akan memenuhi hajat seseorang yang membaca tasbih seratus kali sebelum ia minta.
  14. Sudahkah Anda hari ini membaca istighfar minimal tujuh puluh atau seratus kali? Ingat, bahwa Rasululloh Saw tidak pernah meninggalkan membaca istighfar setiap hari seratus atau tujuh puluh kali.
  15. Sudahkah Anda membaca Al-Qur’an hari ini satu juz? Ingat, bahwa membaca Al-Qur’an adalah dzikir terbaik untuk mendekatkan diri kepada Alloh.
  16. Sudahkah Anda menghafal satu ayat Al-Qur’an hari ini? Ingat, satu ayat Al-Qur’an yang Anda hafal akan meningkatkan derajat Anda di Surga.
  17. Sudahkah  hari ini membaca satu hadits Rasulullah Saw? Ingat, setiap pesan Rasululloh Saw adalah hikmah.
  18. Sudahkah  Anda membaca buku yang menambah wawasan keduniaan Anda? Ingat bahwa seorang mukmin yang baik adalah yang seimbang antara urusan dunia dan akhiratnya.
  19. Sudahkah Anda hari ini membaca kisah orang shaleh, seperti para sahabat dan tabiin dan para ulama yang sukses? Ingat, bahwa mereka adalah personifikasi bagi pejalan menuju surge.
  20. Sudahkah Anda menjaga puasa sunnah terutama hari Senin-Kami dan ayyamul bidh? Ingat, membiasakan puasa sunnah pahalanya besar dan termasuk kecintaan Rasululloh Saw.
  21. Apakah Anda telah selalu berbuat baik kepada kedua orang tua Anda? Ingat, Alloh mensejajarkan syukur kepada-Nya dengan berbuat baik kepada mereka.
  22. Sudahkah Anda ucapkan salam selalu setiap bertemu dengan saudara Anda? Ingat, setiap salam adalah doa keselamatan yang menjaga Anda dari bahaya.
  23. Sudahkah Anda hari ini membangun tali silaturahim dengan tetangga dan kawan-kawan terdekat Anda? Ingat, silaturahim adalah pembuka pintu rezeki.
  24. Sudahkah Anda mengunjungi orang sakit? Ingat, bahwa selama Anda di samping orang sakit, itu sama dengan berada di kebun surga (al-hadits).
  25. Sudahkah Anda mengunjungi saudara Anda seiman karena Alloh? Ingat, bahwa di antara yang Alloh lindungi dari terik yang sangat panas kelak di padang mahsyar adalah dua orang yang saling mencintai karena Alloh dan berpisah karena Alloh.
  26. Sudahkah Anda menyempatkan diri ziarah kubur supaya ingat akhirat? Ingat, dunia ini sering membuat Anda terlena dan lupa akhirat.
  27. Sudahkah Anda menangis hari ini karena takut kepada Alloh? Ingat, air mata yang menetes karena takut kepada Alloh akan menghalangi kelak dari terik padang mahsyar.
  28. Sudahkah Anda menahan marah hari ini? Ingat, marah adalah pintu masuk setan.
  29. Sudahkah Anda menjaga diri hari ini dari dosa-dosa kecil? Ingat, bahwa setiap dosa sekecil apapun jika dibiarkan, lama-lama akan menjadi besar.
  30. Benarkan Anda telah siap bertaubat dengan jujur? Ingat, Alloh akan mengampuni dosa yang dibarengi dengan taubat yang jujur.
  31. Masihkah Anda sibuk dengan hal-hal yang sia-sia? Sungguh, setiap kesia-siaan adalah dosa disisi Alloh Swt.
  32. Apakah Anda telah membersihkan diri Anda dari hasud, dengki, riya’ dan sombong? Ingat, bahwa setiap penyakit hari tersebut jika Anda biarkan akan terus merusak amal.
  33. Sudahkah Anda bersedekah kepada orang yang lemah? Ingat, bahwa kebahagiaan akan tercapai, ketika Anda memudahkan orang yang sulit.
  34. Sudahkah menepati janji Anda hari ini? Ingat, cirri orang munafik selalu ingkar janji.
  35. Sudahkah Anda hari ini menyuruh kebaikan dan mencegah kemungkaran? Ingat bahwa agama ini tegak, ketika masing-masing pemeluknya melakukan amar ma’ruf nahi mungkar.
  36. Sudahkah Anda hari ini hadir di majlis ta’lim, untuk meningkatkan iman? Ingat, ilmu ibarat air bagi pohon iman yang tumbuh dalam diri Anda.
  37. Sudahkah Anda menyempatkan diri bertemu dengan seorang yang alim? Ingat, kelak di akhirat Anda akan dikumpulkan bersama orang yang Anda cintai.
  38. Sudahkah Anda hari ini duduk dengan keluarga Anda untuk mengingatkan akan kebaikan yang harus dilakukan? Ingat, bahwa setiap kebaikan yang Anda berikan pasti akan bermanfaaat.
  39. Sudahkah hari ini Anda duduk bersama anak dan keluarga Anda membaca doa pagi dan sore?Ingat, bahwa kebersamaan dalam mentaati Alloh adalah kebahagiaan yang tidak akan pernah terlupakan bagi mereka.
  40. Sudahkah Anda saling mengevaluasi kesalah dan kekurangan hari ini atau pecan ini bersama keluarga Anda? Ingat, bahwa kesalahan yang bertumpuk-tumpuh suatu saat akan meledak dan akan membuat keluarga Anda berantakan.
  41. Sudahkah Anda mendoakan atau membantu saudara-saudara seiman di manapun mereka berada?Ingat, Nabi bersabada: bukan termasuk orang Islam yang tidak peduli sesame muslim.
  42. Sudahkah Anda mengisi detik demi detik dari waktu Anda hari ini dengan segala yang bermanfaat dan mendatangkan pahala? Ingat, bahwa setiap detik adalah usia Anda yang kelak akan diminta pertanggungjawaban atasnya.
  43. Sudahkah Anda mengajak seseorang hari ini kepada kebaikan? Ingat, bahwa pahala mengajak kepada kebaikan lebih besar dari dunia dan seisinya.
  44. Sudahkah Anda hanya mengeluhkan kepada Alloh (tidak kepada makhluk) segala persoalan yang Anda hadapi? Ingat, hanya Alloh yang bisa membantu Anda dari segala kesulitan yang Anda hadapi.
  45. Sudahkah Anda melakukan tafakur terhadap tanda-tanda keagungan Alloh di alam semesta ini?Ingat, bahwa di antara ja;an penguat iman adalah tafakkur.
  46. Sudahkah Anda menghindari berbohong hari ini? Ingat, bahwa dusta adalah cirri manusia pengecut.
  47. Sudahkah Anda menjauhi penghasilan haram? Ingat, setiap harta haram adalah bahan bakar neraka.
  48.  Sudahkah Anda jaga hari ini, pandangan dan lisan Anda dari apa yang Alloh haramkan? Ingat, bahwa kelak banyak orang masuk neraka karena dosa pandangan dan dosa lisan.
  49. 49.  Sudahkah anda berniat dan sungguh-sungguh melaksanakan ibadah haji? Ingat, bahwa siapa yang mengabaikan ibadah haji, sedang ia mampu melaksanakannya,lalu ia mati, maka kematiannya sama dengan kematian Yahudi dan Nasrani.
  50.  Sudahkah Anda selalu merindukan surga, dan bekerja keras untuknya? Ingat, bahwa untuk masuk neraka saja, setan dan para pengikutnya bekerja keras.
  51. Sudahkah Anda bekerja keras menjauhi dosa agar jangan tersentuh api neraka? Ingat, bahwa setiap dosa selalu memanggil agar melakukan dosa selanjutnya yang lebih besar.


         Dr.Amir Faishol Fath

        Jakarta,Februari 2012

 


Dalam kaidah ushul fiqih dikatakan: “maa laa yudrak kulluhu laa yutrak kulluhu” (apa yang tidak bisa dikerjakan semuanya jangan ditinggalkan semuanya).

Smoga bermanfaat. Wallohu’lam bisshawab.

Iklan