Tidak dapat dipungkiri, sebuah website atau blog yang menjadi urutan teratas pada hasil pencarian di mesin pencari(Search Engine) memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi para pengguna internet. Mereka cenderung lebuh tertarik dengan beberapa website atau blog yang ada dihalaman awal kerna dianggap lebih releven dengan keyword yang mereka cari.
Berdasarkan logika tersebut, Anda bisa meningkatkan jumlah pengunjung website atau blog anda dengan syarat berada di urutan teratas dari mesin pencari.
Salah satu agar website atau blog menjadi urutan teratas pada mesin pencari adalah dengan strategi optimisasi mesin pencari. Strategi ini lebih dikenal dengan sebutan SEO, Search Engine Optimization.
Elemen pendukung SEO
Sebelum membahas strategi yang lebih mendalam,setidaknya Anda harus memerhatikan 8 elemen dasar pendukung SEO,yaitu:
1. Keterkaitan Nama Domain.
2. Title (Judul).
3. Meta Keyword.
4. Meta Desktipsi.
5. Keterkaitan isi/konten.
6. Sitemap.
7. Natural Listing.
8. Backlink.
Keterkaitan Nama Domain
Cara kerja search engine pertama kali ketika dimasukkan keyword adalah menyesuaikan antara kayword tersebut dengan nama domain dari sebuah website atau blog. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan nama domain. Usahakan sebuah nama domain bisa mencakup isi dari materi dari sebuah website atau blog.
Title(Judul)
Penggunaan dan penempatan sebuah title atau judul akan membuat sebuah blog untuk dapat bertanding di urutan atas Google. Untuk itu,usahakan judul Website atau artikel mempunyai korelasi antara kayword dan deskripsi dari isi sebuah blog.
Meta Keyword
Metadata mencakup semua informasi pada sebuah data. Hal ini berlaku juga untuk website atau blog. Untuk memasukan metadata ke dalam website atau blog, Anda bisa menggunakan tag meta, . Metadata yang berguna untuk mendukung SEO adalah meta keyword dan meta deskripsi.
Jika anda sudah mengatur meta keyword dan cocok dengan keyword yang dimasukkan oleh pengguna internet pada mesin pencari, website atau blog anda akan muncul diantara jutaan website atau blog web yang ada.
Walaupun tidak semua pengguna internet menggunakan mesin pencarian yang sama, bahkan ada beberapa algoritma mesin pencari yang tidak memakai meta keyword untuk melakukan proses pencarian, tetapi alngkah bijaknya bila kita tetap memakai meta keyword.
Kode perintah meta keyword yang kita atur untuk memudahkan mesin pecari menemukan website atau blog kita dalah sebagai berikut:
Berikut ini langkah-langkah untuk memasukan kata keyword di Blogger:
1. Masukan kode diatas pada Tata letak > Edit HTML.
2. Letakan kode meta keyword tersebut diantara dan .
3. Keyword bisa ditulis pada bagian content. Jika lebih dari satu bisa dapat dipisah dengan koma (,).
Meta Deskripsi
Meta deskripsi tak kalah penting dengan meta keyword, kedua meta ini memang harus diletakkan disebuah website atau blog agar mesin pencari mampu menemukan website atau blog Anda. Keyword dan deskripsi yang tepat akan mampu membawa website atau blog Anda ke urutan atas Google.
Sama seperti meta keyword, langkah-langkah menggunakan meta deskripsi di Blogger adalah seperti berikut:
1. Masukkan kode berikut pada Tata Letak > Edit HTML.
2. Letakan kode meta keyword tersebut diantara dan .
3. Deskripsi bisa ditulis pada bagian content.
Keterkaitan Isi/Konten
Dalam konten sebuah blog kita bisa mencantumkan dan memberikan korelasi antara isi posting artikel dengan keyword. Dengan korelasi yang baik, mesin pencari akan semakin bersahabat dengan blog kita, dan mampu membawa ke urutan terhormat dijajaran atas para mesin pencari. Jadi, usahakan kita selalu konsisten dengan apa yang selalu kita tulis dalam artikel dengan seluruh korelasi keyword, title, dan deskripsi dari blog. Semakin banyak kita mengulang-ngulang dan memasukkan keyword ke dalam isi artikel,maka blog kita akan semakin berani tampil dihalaman awal mesin pecari.

Sitemap
Sitemap bisa diumpamakan sebuah peta dari seluruh isi blog kita. Dengan sitemap blog akan semakin mudah untuk dikenal oleh mesin pencari.
Natural Listing
Yaitu salah satu elemen lain untuk optimasi SEO dengan cara mendaftarkan website/blog kita ke mesin pencari maupun ke web directory. Tidak harus banyak, cukup mendaftarkan website/blog kita ke beberapa mesin pencari yang memiliki tingkat popularitas tinggi dan sering dipakai oleh pengguna internet. Misalnya:
– Google.com, kita bisa mendaftarkan melalui http://www.google.com/addurl
– Yahoo.com, melalui http://www.submit.search.yahoo.com
– MSN.com, melalui http://www.search.msn.com.sg/docs/submit.aspx
– Dmoz.org, melalui http://www.dmoz.org

Backlink

Backlink adalah sebuah link atau teks yang berada di situs lain atau situs kita sendiri yang jika kita klik maka akan menuju ke suatu halaman lainnya dan ini disebut backlink untuk halaman yang dituju tersebut. Teks dari link ini biasanya berupa anchor text atau teks singkat yang biasanya adalah kata kunci dari halaman tujuan tersebut.

Fungsi dari backlink sangat penting untuk meningkatkan popularitas suatu situs atau biasa dikenal dengan pagerank yang jadi sebuah ukuran otoritas dan pentingnya situs tersebut terutama oleh mesin pencari seperti Google.

Menurut Wikipedia, jumlah backlink menggambarkan populernya dan pentingnya suatu situs di dunia internet. Semakin besar jumlah backlink suatu situs, maka semakin populer dan penting keberadaan maupun konten dari situs tersebut.

Memberi komentar pada blog adalah hal yang paling mudah saat ini dalam membangun backlink dan yang pasti akan lebih berkualitas lagi backlink tersebut apabila berasal dari blog yang dofollow dan relevan kontennya dengan tujuan backlink.

(syd[et]itkomputer[dot]com)

Iklan